Menu Tutup

Inilah Beberapa Hukuman yang Tepat Untuk Anak

Saat anak melakukan kesalahan, berkata kasar, merusak barang atau berbuat salah ke orang lain, bukanlah hal yang harus dimaklumi terus menerus. sesekali orang tua boleh memberikan hukuman pada anak, sehingga dia tidak mengulangi hal itu. Selain itu anak juga tahu bahwa hal yang dia lakukan salah. Jika dibiarkan terus menerus, akan membuat anak berpikir perbuatan tersebut biasa dilakukan. Saat memberi hukuman, anda harus memikirkan dengan baik. inilah beberapa hukuman yang tepat untuk anak-anak.

Dengan Memberi Peringatan

Hukuman pertama yang bisa diberikan adalah memberinya peringatan. Apalagi untuk balita yang belum memahami apapun. orang tua cukup memberikan teguran ke anak. Buatlah nada suara yang sedikit berbeda dengan suara biasanya. Sehingga anak-anak tahu ada perubahan pada suara orang tuanya. Anda bisa menggunakan nada rendah dan tegas. Seperti stop melempar barang, stop bermain dengan makanan dan lainnya. anda juga bisa mencarikan kegiatan lain, supaya anak tidak fokus dengan hal tersebut.

Time Out

Selanjutnya, anda bisa memberikan time out ke anak. Hal ini dilakukan untuk mempertegas maksud anda. Anda bisa mengajak anak untuk duduk di sudut tertentu beberapa menit. Biarkan anak memikirkan kesalahan yang dilakukanya. Lama time out bisa disesuaikan dengan usia anak. Untuk anak yang berusia 3 tahun, bisa memberikan time out selama 3 menit. Jika anda memberikan time out terlalu lama, akan membuat anak merajuk atau trauma. Saat time out ini, usahakan tidak ada keluarga yang melakukan komunikasi dengan anak.

Mencabut Hak Istimewa

Jika anak masih sering melakukan kesalahan yang sama, anda bisa mencabut hak istimewanya. Hukuman ini bisa diterapkan pada anak usia 3 tahun ke anak. Setiap kesalahan yang dia lakukan bisa menghilangkan kesenangannya. Namun jangan sita terlalu lama. Misalnya anak suka melempar buku, anda bisa mencabut buku tersebut seharian. Kemudian berkata bahwa buku tersebut disita supaya dia tahu untuk bisa menjaga barangnya dengan baik,

Saat memberi hukuman yang tepat untuk anak, pastikan menggunakan kata yang mudah dipahami. Selain itu sesuaikan hukuman dengan usia anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *