Menu Tutup

6 Tips dan Trik Agar Baterai Smartphone Anda Lebih Awet

Smartphone seolah sudah menjadi barang yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Saat ini hampir kemanapun orang-orang membawa smartphone-nya untuk melakukan berbagai aktivitas. Ini membuat orang-orang membutuhkan baterai smartphone yang tahan lama untuk bisa menemani aktivitas mereka sepanjang hari. Saat ini ada banyak pilihan smartphone yang memiliki daya tahan baterai cukup lama seperti Samsung A51 yang bisa Anda pilih.

Agar Baterai Smartphone Lebih Awet

Namun selain itu, ada beberapa cara lain untuk membuat baterai smartphone Anda lebih awet, seperti tips dan trik berikut.

1. Menggunakan wallpaper warna gelap
Tahukah Anda bahwa pemilihan wallpaper pada layar smartphone Anda memiliki pengaruh terhadap daya tahan baterai? Anda mungkin menyukai wallpaper layar dengan format animasi atau live wallpaper karena membuat layar smartphone Anda tampak lebih keren.

Namun, penggunaan wallpaper ini akan lebih cepat menghabiskan baterai smartphone. Lebih baik Anda memilih wallpaper wallpaper standar dengan warna gelap. Lebih gelap warna wallpaper yang Anda pakai, akan lebih berpengaruh pada daya tahan baterai smartphone lebih lama.

2. Atur tingkat kecerahan layar
Untuk lebih menghemat baterai smartphone, Anda juga bisa melakukannya cara dengan mengatur tingkat kecerahan layar. Untuk mengatur tingkat kecerahan smartphone secara otomatis, Anda bisa menggunakan fitur auto brightness.

Dengan menggunakan fitur ini, smartphone Anda akan menyesuaikan sendiri tingkat kecerahan layar yang Anda butuhkan sesuai kondisi cahaya saat itu. Ini bisa membuat baterai smartphone Anda lebih awet karena tingkat kecerahan akan berubah otomatis meskipun Anda lupa mengaturnya.

3. Atur waktu tidur ponsel
Berbagai smartphone android seperti Samsung A51 memiliki pengaturan waktu tidur yang bisa Anda sesuaikan. Waktu tidur yang dimaksud ini adalah waktu ketika layar smartphone akan mati secara otomatis setelah tidak digunakan selama waktu tertentu. Untuk mendapatkan baterai smartphone yang lebih tahan lama, sebaiknya Anda mengatur waktu tidur smartphone Anda di durasi sekitar satu atau dua menit.

4. Matikan Bluetooth dan GPS jika tidak digunakan
Kebanyakan orang sering tidak sadar jika mereka terus menyalakan GPS dan Bluetooth bahkan ketika fitur tersebut tidak digunakan. Ini cukup berpengaruh pada menurunnya daya baterai smartphone Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya menyalakan GPS dan Bluetooth ketika Anda membutuhkan fitur tersebut dan pastikan Anda selalu mematikannya kembali setelah fitur tersebut selesai digunakan.

5. Matikan getaran dan suara papan tombol
Fitur getaran cukup membuat baterai smartphone Anda terkuras. Maka, lebih baik Anda mematikan getaran apabila Anda telah memberi nada dering, karena selain menguras baterai, efek getaran tersebut juga tidak efektif karena smartphone Anda sudah memiliki nada dering.

Sebaiknya pergunakan fitur getaran hanya ketika Anda menggunakan mode silent. Selain getaran, suara papan tombol juga berpengaruh terhadap daya tahan baterai smartphone. Jadi, ada baiknya Anda juga mematikan suara papan tombol ini jika ingin baterai smartphone Anda lebih tahan lama.

6. Kurangi aplikasi di latar belakang
Baterai smartphone yang boros bisa jadi karena ada aplikasi di latar belakang yang masih terus berjalan dan membuat baterai Anda terkuras, misalnya aplikasi-aplikasi chatting dan sosial media. Jadi, ada baiknya Anda lebih bijak dalam memilih aplikasi. Kurangi aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak terlalu Anda butuhkan agar tidak memboroskan baterai smartphone Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat baterai smartphone lebih tahan lama. Namun, akan lebih baik lagi jika Anda memilih smartphone yang memang sudah dirancang memiliki ketahanan daya yang cukup lama seperti Samsung A51.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *